Langsung ke konten utama

Pemotongan Busur Plasma untuk Logam

Pemotongan Busur Plasma
Pemotongan dengan gas yang telah dibahas sebelumnya digunakan dan dikembangkan untuk baja karbon rendah misalnya baja lunak. Sebaliknya, pemotongan busur plasma digunakan dan dikembangkan untuk memotong baja tahan karat dan logam non besi seperti aluminium (campuran) yang relatif sukar diproses dengan pemotongan gas antara lain karena masalah-masalah kualitas..

Prinsip pemotongan busur plasma



Mesin potong busur plasma

Tabel  Konstruksi mesin potong busur plasma

Kommponen Sistem Fungsi
Sumber tenaga DC Merubah arus AC menjadi arus DC. Diode silikon umumnya digunakan dalam bentuk kombinasi dengan sistem kontrol pembalik pada peralatan penyearah, meskipun thyristor digunakan dalam bentuk kombinasi dengan sistem kontrol arus ketika arus menjadi besar.
Pengionisasi frekuensi tinggi Menimbulkan plasma. Mampu menimbulkan beberapa ribu volt frekuensi tinggi
Alat penyuplai gas Memberikan gas yang digunakan untuk pemotongan busur plasma. Umumnya menggunakan gas Ar, N2, H2, O2 atau udara.
Alat pendingin Memberikan air pendingin untuk melindungi torch plasma dari panasnya plasma.
Torch plasma Menimbulkan busur plasma diantara material yang akan dipotong.
Alat pengontrol Menimbulkan busur untuk pemotongan busur plasma dan untuk mengontrol gas dan air untuk pendinginan.

Tabel tersebut menunjukkan struktur dasar dari mesin. Pemotongan bisa dilakukan secara manual, tetapi pada umumnya dilakukan pada sebuah mesin otomatis atau mesin yang dikombinasi dengan peralatan Numeric Control (NC), dengan pertimbangan peningkatan kualitas permukaan potong dan efisiensi operasional. Sumber tenaga DC yang mempunyai penurunan atau karakteristik arus yang rendah digunakan sebagai pensuplai tenaga. Tegangan tanpa beban 200 - 400 V disyaratkan untuk merubah gas orifice (mulut lubang) menjadi gas  plasma yang digunakan untuk operasi pemotongan. Tegangan (voltage) dalam kondisi terbeban adalah sekitar 100 - 180 Volt.

 Gas Plasma (Gas orifice )
Untuk memudahkan penyiapan busur plasma dan menaikkan efek peruncingan panas (thermal), gas yang digunakan untuk pengoperasian harus mempunyai kemampuan pendinginan yang tinggi.
Nitrogen, Oksigen atau Udara digunakan salah satu. Jika Argon yang digunakan, hidrogen atau nitrogen salah satu yang digunakan atau keduanya sebagai gas campuran. Gas-gas tersebut dapat digunakan untuk pemotongan logam; namun gas orifice yang digunakan harus dipilih sesuai dengan jenis material dan ketebalan plat.

Gas plasma dan material elektroda
Material yang digunakan untuk elektroda adalah tungsten,
hafnium atau sirkon. Hafnium atau sirkon digunakan untuk logam murni,
tetapi tungsten yang digunakan dipadu dengan 2% thorium, lanthanum
atau lithium oksida. Jika oksigen atau udara yang digunakan sebagai
gas orifice, hafnium atau sirkon yang mempunyai titik leleh tinggilah yang
digunakan, tetapi jika gas tidak mengandung oksigen, tungsten harus
digunakan untuk elektrode. Elektrode logam hafnium mempunyai umur
pakai yang panjang dibandingkan dengan logam sirkon.

Metode pemasokan gas orifice - Busur Plasma



Kualitas pemotongan busur plasma

Selengkapnya tentang Kemajuan Teknologi Pengelasan dan tentang Pemotongan Busur Plasma untuk Logam klik disini

Selengkapnya tentang Teknik PEMOTONGAN pada Logam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-sitilah dalam bidang Seni dan Budaya

Istilah-sitilah dalam bidang Seni dan Budaya Aesteties : bersifat indah, karya seni yang indah, nilai-nilai keindahan. Aliran : ciri ekspresi personal yang khas dari seniman dalam menyajikan karyanya – isi karya (makna). Alur : rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan seksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan cerita kearah klimaks dan penyelesaian. Antagonis : tokoh pertentangan, lawan tokoh protagonist. Anti Tips Casting : pemilihan pemain berlawanan dengan sifat asli pemain. Art Seni : kepandaian, sesuatu yang indah, kagunan, anggitan. Atmos : suasana perasaan yang bersifat imajinatif dalam naskah drama yang diciptakan pengarangnya. Atau suasana berkarakter yang tercipta dalam pergelaran drama. Babak : bagian besar dari suatu drama atau lakon (terdiri atas beberapa adegan). Balance : keseimbangan unsur rupa. Basics design : dasar-dasar desain, nirmana. Basics visual : dasar-dasar rupa, rupa dasar. Blocking : teknik pengaturan langkah-

Istilah-istilah dalam Bidang Software (Perangkat Lunak)

Abstraction Merupakan prinsip penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan masalahnya Algoritma Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis  Array Struktur data yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama Atribut Karakteristik atau ciri yang membedakan antara entitas satu dengan entitas yang lainnya Authentication Proses memeriksa keabsahan seseorang sebagai user (pengguna) pada suatu system (misalnya pada DBMS) Basic Input/Output System (BIOS) Kode-kode program yang pertama kali dijalankan ketika komputer dinyalakan (booting) Basis data (database) Kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan dalam perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya Command Line Interface (CLI) Antar muka pengguna dengan model perintah-perintah teks Compiler Penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin

Istilah dalam bidang kuliner - Masakan

R Ready plate : siap diracik dipiring Robert sauce : merupakan turunan saus demiglace yang ditambah dengan bawang Bombay, anggur putih, mustard, merica dan cuka Rolled : Potongan tipis dan digulung pada proses membuat Rolled Beef Rosemary : Dipakai untuk membumbui pada waktu membuat Roast dari Beef, poultry Roux : Kombinasi flour (terigu) dan butter sebagai pengental soup atau sauce. Bila prosesnya dengan panas disebut Roux. Jika dingin istilahnya burre manie Rub : Mengoleskan sesuatu bahan ke atas permukaan hidangan agar memperoleh warna mengkilat S Salad : Hidangan yang berasal dari bahan makanan yang segar dengan sauce yang berasa asam Salad dressing : Saus yang mendampingi hidangan salad Salamander : Oven dengan menggunakan api atas untuk memberi warna coklat pada permukaan hidangan Sasaran pemasaran : gambaran keinginan perusahaan di masa depan. Sasaran pemasaran dapat dibuat jangka pendek atau jangka panjang. Sauce : Caian semi liquid yang digunakan sebagai pengaro