Langsung ke konten utama

Brazil dan Benua Amerika

 Brazil
a. Bentuk Pemerintahan Brazil
Brazil merupakan negara dengan sistem pemerintahan Republik Federal. Kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Presiden. Negara ini beribu kota Brazillia.

b. Letak dan luas Brazil
Brazil merupakan negara yang luas di kawasan Amerika selatan dengan luas 8.500.000 km2
. Secara geografis negara ini sebelah utara berbatasan dengan Venezuela, Guyana, Suriname, Guyana (Perancis) sebelah selatan berbatasan dengan Bolivia, Paraguay, Argentina, Uruguay, sebelah barat berbatasan dengan Kolombia, Peru dan sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.
Brazil terletak antara 35o BB - 74o BB dan 5o LU – 33o LS dari letak ini menunjukkan
bahwa Brazil merupakan negara yang terletak di daerah tropis. Curah hujan yang tinggi ditunjukkan dengan kondisi alam yang masih perawan seperti hutan Amazone.



c. Iklim Brazil
Meskipun berdasarkan letak harusnya beriklim tropik, tetapi bentuk muka bumi memengaruhi terbentuknya iklim lain. Faktor fisis yang memengaruhi variasinya iklim di Brazil yaitu:
1) luas benua,
2) pegunungan, dan
3) arus panas.
Angin yang datang dari Samudra Pasifik terhalang pegunungan Andes sehingga angin yang masuk ke wilayah Brazil panas dan kering, sedangkan angin dari laut  hanya mencapai pantai dan arus laut berasal dari equator bergerak ke wilayah Brazil yang memengaruhi suhu bertambah. Karena itu selain iklim tropis juga terbentuk iklim stepa.

d. Keadaan Alam Brazil
Berdasarkan keadaan alamnya Brazil dibagi menjadi beberapa daerah berikut.
1) Ledok Amazone yang terdapat di wilayah utara. Daerah ini merupakan daerah endapan dengan curah hujan tinggi, sehingga membentuk hutan tropis Amazone terluas,
2) Daratan tinggi Brazil yang memanjang sejajar dengan pantai sebelah timur.
3) Daerah pantai timur.
4) Daerah Brazil selatan.

e. Flora dan Fauna Brazil
Hutan tropis yang berkembang di daerah Amazone berkembang jenis pohon tropis. Hutan ini merupakan tempat hidupnya berbagai macam hewan tropis. Pada sungai Amazone hidup ikan piranha, sedangkan di hutannya hidup hewan seperti: iguana, harimau, tapir, buaya, macam-macam burung, kupu-kupu, dan kura-kura.

f. Penduduk Brazil
Wilayah yang luas sekitar 4 x wilayah daratan Indonesia memiliki jumlah penduduk 155.3 juta jiwa dengan angka pertumbuhan 1.7 % / tahun. Sebagian besar penduduk tinggal di daerah pantai timur dan tenggara. Penduduk asli adalah Indian, tetapi pada zaman dahulu terjadi migrasi orang kulit putih yang membawa orang Negro sebagai buruh perkebunan. Antarpenduduk asli dan migran terjadi pembauran yang membentuk perkawinan campuran seperti berkut ini.
1) Mulat adalah turunan hasil perkawinan campuran orang kulit putih dan Indian.
2) Mestis adalah turunan hasil perkawinan campuran orang negro dan Indian.
3) Zambo adalah turunan hasil perkawinan campuran orang Indian dan Negro.
Dengan lahan yang cukup luas, keuletan rajin, dan disiplin tinggi maka penduduk Brazil cukup melaksanakan pembangunan. Pembangunan penduduk Brazil cukup tinggi sekitar US $ 2.770/ kapita.

g. Perekonomian Brazil
Brazil berkembang dan maju bukan karena industri, tetapi keberhasilan pertaniannya karena pertanian merupakan mata pencaharian utama penduduk  Brazil. Produk pertanian Brazil adalah Kopi (no.1 ) coklat, gula, tembakau, jagung dan buah-buahan tropis. Daerah pertanian utama Brazil yaitu Sao Paulo Santos, Rio De Janeiro. Peternakan yang dikembangkan adalah babi, sapi, domba yang diternak di daerah dataran tinggi dan padang rumput.
Perkembangan Brazil didukung oleh sifat penduduknya ulet, rajin, disiplin sehingga brazil merupakan negara berkembang yang maju dan paling stabil dalam bidang ekonomi.

h. Perindustrian Brazil
Meskipun Brazil merupakan daerah pertanian, tetapi wilayahnya menghasilkan barang tambang yang dibutuhkan industri seperti: Batubara, Wolfram (Porto Alleger), Mangan (Amapa). Industri yang berkembang adalah pulp, kertas dan industri besi baja dengan pusat perdagangan yaitu di kota Rio Grande.


Benua Amerika
Benua Amerika memanjang dari kutub utara sampai kutub selatan yang terletak antara 35o BB – 170o BB dan 55o LS – 83o LS. Bagian utara bagian selatan benua membentuk segitiga dengan kerucut di bagian selatannya, sedangkan bagian tengah merupakan daratan yang sempit yang menghubungkan benua Amerika bagian selatan dan utara. Pada bagian tengah benua Amerika yaitu sekitar laut Karibia terdapat rangkaian kepulauan.
Secara geografis, Benua Amerika sebelah utara berbatasan dengan laut Artika sebelah barat dengan lautan Pasifik sebelah timur berbatasan dengan laut merah dan sebelah selatan berbatasan dengan Benua Antartika luas keseluruhan benua Amerika dan pulau-pulau kecil termasuk pulau Greenland mencapai 42.188.568 km2
.
Benua Amerika dibagi menjadi 3 kawasan yaitu sebagai berikut.

Tabel Kawasan Benua Amerika

No Kawasan Negara
1 Amerika Utara Kanada, Amerika Serikat, Meksiko
2 Amerika Tengah Angguilla, Antiqua Dan Bermuda, Kep. Bahama, Barbados, Belize, Bermuda, Pulau Cayman, Costa Rika, Kuba, Dominika. Rep. Dominika, El Savaldor, Grenada, Guadeloupe, Guatemala, Haiti, Honduras, Jamaika, Martinique, Montserrat, Netherland Antillean, Nikaragua, Panama, Puerto Rico, St. Kitt, Nevis, St. Lucia, St. Vicente, Trinidad, Tobago
3 Amerika Selatan Argentina, Bolivia, Brazil, Chili, Ecuador, Guyana (Perancis) Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, Venezuela.

Benua Amerika yang memanjang dari kutub utara ke kutub selatan memiliki keadaan alam yang bervariasi, dan keadaan alamnya dibagi menjadi semenanjung Skandinavia (Norwegia, swedia dan finlandia).
a. Sebelah barat benua ini membujur rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik.
b. Sebelah timur merupakan daratan tinggi.
c. Bagian tengah merupakan daratan.

Pegunungan Sirkum Pasifik yang membujur barat Benua Amerika Utara terbagi menjadi 3 jalur yaitu:
1) pegunungan pantai barat yang membujur dari Alaska sampai Kalifornia,
2) pegunungan Cascade di sebelah utara Siera Nevada dan di selatan Siera Madre, dan
3) pegunungan Rocky. Antara jalur pegunungan pertama dan kedua terdapat lembah besar dan memanjang, sedangkan antara jalur pegunungan kedua dan ketiga terdapat plato Yukon, British Columbia, Kolombia, Colorado, Meksiko dan Danau Garam Besar (great salt Lake).

Sebelah timur merupakan dataran tinggi yang berangsur-angsur menjadi daratan rendah di tengah. Sedangkan bagian tengah, karena terhalang pegunungan angin laut tidak masuk dan yang masuk angin kering yang menyebabkan bagian tengah ini terbentuk gurun dan stepa.
Amerika Tengah merupakan daratan sempit yang diapit dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Laut Karibia dan Teluk Meksiko. Pada jalur yang sempit ini terdapat kelanjutan pegunungan yang berasal dari pegunungan Rocky yaitu:
pegunungan Siera Madre Occidental dan Sierra Oriental sehingga daratan rendahnya sempit antara pegunungan dan pantai.

Amerika Selatan bagian barat membujur jalur pegunungan Sirkum pasifik dan di bagian benua ini membentuk pegunungan Cordilleras de Los Andes, sedangkan bagian timurnya merupakan daratan tinggi dan daratan rendah. Kawasan Amerika Selatan terdapat sungai besar yang memiliki karakteristik seperti DAS Amazone, DAS Orinoco, DAS Parana. Contoh negara di Benua Amerika misalnya Brasil. Agar lebih mengetahui tentang negara Brasil perhatikan penjelasan berikut ini.


Jepang dan Benua Asia 
Brazil dan Benua Amerika
Mesir dan Benua Afrika 
Belanda dan Benua Eropa
Benua Australia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-sitilah dalam bidang Seni dan Budaya

Istilah-sitilah dalam bidang Seni dan Budaya Aesteties : bersifat indah, karya seni yang indah, nilai-nilai keindahan. Aliran : ciri ekspresi personal yang khas dari seniman dalam menyajikan karyanya – isi karya (makna). Alur : rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan seksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan cerita kearah klimaks dan penyelesaian. Antagonis : tokoh pertentangan, lawan tokoh protagonist. Anti Tips Casting : pemilihan pemain berlawanan dengan sifat asli pemain. Art Seni : kepandaian, sesuatu yang indah, kagunan, anggitan. Atmos : suasana perasaan yang bersifat imajinatif dalam naskah drama yang diciptakan pengarangnya. Atau suasana berkarakter yang tercipta dalam pergelaran drama. Babak : bagian besar dari suatu drama atau lakon (terdiri atas beberapa adegan). Balance : keseimbangan unsur rupa. Basics design : dasar-dasar desain, nirmana. Basics visual : dasar-dasar rupa, rupa dasar. Blocking : teknik pengaturan langkah-

Istilah-istilah dalam Bidang Software (Perangkat Lunak)

Abstraction Merupakan prinsip penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan masalahnya Algoritma Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis  Array Struktur data yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama Atribut Karakteristik atau ciri yang membedakan antara entitas satu dengan entitas yang lainnya Authentication Proses memeriksa keabsahan seseorang sebagai user (pengguna) pada suatu system (misalnya pada DBMS) Basic Input/Output System (BIOS) Kode-kode program yang pertama kali dijalankan ketika komputer dinyalakan (booting) Basis data (database) Kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan dalam perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya Command Line Interface (CLI) Antar muka pengguna dengan model perintah-perintah teks Compiler Penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin

Istilah dalam bidang kuliner - Masakan

R Ready plate : siap diracik dipiring Robert sauce : merupakan turunan saus demiglace yang ditambah dengan bawang Bombay, anggur putih, mustard, merica dan cuka Rolled : Potongan tipis dan digulung pada proses membuat Rolled Beef Rosemary : Dipakai untuk membumbui pada waktu membuat Roast dari Beef, poultry Roux : Kombinasi flour (terigu) dan butter sebagai pengental soup atau sauce. Bila prosesnya dengan panas disebut Roux. Jika dingin istilahnya burre manie Rub : Mengoleskan sesuatu bahan ke atas permukaan hidangan agar memperoleh warna mengkilat S Salad : Hidangan yang berasal dari bahan makanan yang segar dengan sauce yang berasa asam Salad dressing : Saus yang mendampingi hidangan salad Salamander : Oven dengan menggunakan api atas untuk memberi warna coklat pada permukaan hidangan Sasaran pemasaran : gambaran keinginan perusahaan di masa depan. Sasaran pemasaran dapat dibuat jangka pendek atau jangka panjang. Sauce : Caian semi liquid yang digunakan sebagai pengaro