Latihan Soal IPA kelas 8 (dari bank soal untuk menghadapi ujian nasional dan tryout)

Latihan Soal IPA kelas 8 (dari bank soal untuk menghadapi ujian nasional dan tryout)

Berikut Latihan Soal IPA kelas 8 dari bank soal untuk menghadapi ujian nasional dan tryout diambil dari buku sekolah. Belajar yuk!

Ayo, berilah tanda silang pada jawaban yang paling tepat!

1. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri makhluk hidup adalah . . .
a. bernapas
b. tumbuh dan berkembang
c. berkembang biak
d. mempunyai bentuk dan ukuran tetap dari waktu ke waktu

2. Bertambahnya ukuran tubuh makhluk hidup disebut sebagai . . . .
a. pergerakan           c. perkembangan
b. pertumbuhan        d. penuaan

3. Perubahan bentuk yang sangat ekstrim (nyata) pada proses perkembangan makhluk hidup disebut dengan . . . .
a. metagenesis               c. metafora
b. metamorfosa             d. fatamorgana

4. Salah satu contoh hewan yang mengalami metamorfosis adalah . . . .
a. kucing                  c. gajah
b. kupu-kupu           d. katak

5. Katak mengalami peristiwa perkembangan yang disebut dengan . . . .
a. metamorfosis            c. morfologi
b. metagenesis              d. metafora

6. Faktor internal (dalam tubuh) yang memengaruhi pertumbuhan adalah . . . .

Selengkapnya tentang latihan soal ini di BukuPR (klik disini)

Latihan soal Matematika SMP kelas 9, dari bank soal untuk menghadapi tryout dan ujian sekolah

Latihan soal Matematika SMP kelas 9, dari bank soal untuk menghadapi tryout dan ujian sekolah

Kerjakanlah soal-soal berikut di buku latihanmu.


1. Suatu peta digambar dengan skala 1 : 500.000. Berapakah jarak pada peta jika jarak sesungguh nya 25 km?

2. Jika harga 6 buah penggaris adalah Rp2.700,00, berapakah harga 9 buah penggaris ter sebut?

3. Sebutkan dan gambarkan jenis-jenis segi tiga ditinjau dari:
a. panjang sisinya;
b. besar sudutnya.

Kerjakan soal-soal berikut dalam buku latihanmu.
1. Ukuran lebar dan tinggi sebuah slide (film negatif) berturut-turut 36 mm dan 24 mm. Jika lebar pada layar 2,16 m, tentukan tinggi pada layar.

6. Diketahui ∠ABC sebangun dengan ∠PQR. Jika AB = 6 cm, AC = 8 cm, ∠BAC = 60°, dan PR = 10 cm, tentukan besar ∠QRP dan panjang PQ.

8. Diketahui ∠ABC sebangun dengan ∠PQR. Jika ∠BAC = 50° dan ∠ABC = 68°, tentukan besar ∠QPR, ∠PQR, dan ∠PRQ.

11. Pak Amir akan membuat dua buah papan reklame berbentuk segitiga samasisi. Menurut pemesannya, perbandingan sisi kedua papan itu 3 : 7 dan selisih kedua sisinya 16 dm. Tentukanlah panjang sisi dari setiap segitiga itu.

13. Diketahui ∠ABC dan ∠PQR keduaduanya sama kaki. Jika besar salah satu sudut dari ∠ABC adalah 80° dan besar salah satu sudut dari ∠PQR adalah 50°, jawablah pertanyaan berikut.
a. Sketsalah beberapa kemungkinan ben tuk geometri kedua segitiga itu dan tentukan besar semua sudutnya.
b. Apakah ∠ABC dan ∠PQR sebangun? Jelaskan.

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.
1. Pada sebuah peta, jarak 3,2 cm me wakili 288 km. Skala peta tersebut adalah ….
a. 1 : 4.500.000
b. 1 : 6.000.000
c. 1 : 7.500.000
d. 1 : 9.000.000

2. Diketahui sebuah kolam berbentuk lingkaran. Pada denah berskala 1 : 200, kolam itu digambar dengan diameter 4 cm. Jika π = 3,14 maka luas tanah yang digunakan untuk kolam adalah ….
a. 200,96 m2
b. 50,24 m2
c. 25,12 m2
d. 12,56 m2

SelengkapnyaLatihan soal Matematika SMP kelas 9, dari bank soal untuk menghadapi tryout dan ujian sekolah

Kelainan atau Gangguan pada Mata

Kelainan atau Gangguan pada Mata

Manusia memiliki mata di sebelah kiri dan kanan. Kehilangan atau kerusakan salah satu bola mata dapat mengganggu penglihatan. Beberapa kelainan atau gangguan pada mata serta faktor penyebabnya adalah sebagai berikut.


1) Rabun Jauh (Miopi)
Miopi disebabkan jarak titik api lensa mata terlalu pendek atau lensa mata terlalu cembung. Titik api adalah pusat pertemuan sinar yang sudah dipecah oleh lensa. Jadi, sinar yang masuk jatuh di depan retina sehingga mata tidak dapat melihat benda jauh.
Untuk menolong penderita miopi (rabun jauh) harus menggunakan kacamata dengan lensa cekung (negatif). Lensa cekung ini akan menempatkan bayangan tepat pada retina.


2) Rabun Dekat (Hipermetropi)
Rabun dekat disebabkan lensa mata terlalu pipih. Titik api lensa berada di belakang retina sehingga mata tidak dapat melihat benda-benda yang dekat. Jadi, penderita hipermetropi harus menggunakan kacamata berlensa cembung. Dengan lensa cembung, sinar yang jatuh di belakang retina akan dikembalikan tepat pada retina.
3) Presbiopia (Mata Tua)
Presbiopi adalah kelainan pada mata yang disebabkan oleh faktor usia sehingga daya akomodasi matanya berkurang. Penderita ini tidak dapat melihat benda dekat dan tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas. Penderita ini harus menggunakan kacamata berlensa cekung dan cembung sekaligus.


4) Astigmatisma…..
Selengkapnya…

Bersihkan Akun Kriminal dari Facebook Kita

Bersihkan Akun Kriminal dari Facebook Kita

1.jpg
.Please…. attention….
Facebook adalah media sosial yang paling mudah untuk komunikasi untuk kita, entah kita di Indonesia, Malaysia, Inggris, Amerika, Korea, semua bisa komunikasi dengan facebook. tapi sekarang ini banyak sekali orang-orang yang membuat facebook sebagai media kriminalitas,
Dari penyebaran ajaran sesat, sampai penculikan, pemerkosaan dan kerusuhan disebabkan oleh pengguna facebook yang kriminal. Coba kita kembali mengecek daftar pertemanan kita, apabila disana ada akun-akun yang janggal, atau akun itu menyebarkan keburukan, foto-foto yang tidak pantas, entah porno atau sadisme, sebaiknya anda hapus pertemanan anda dengan dia. Karena untuk menjaga diri anda sendiri dari kriminalitas di facebook, dan mengurangi kesempatan orang-orang kriminal menjerat diri anda.

Berikut ini beberapa kriminalitas yang pernah terjadi di facebook.

1. Tertipu Online shop.
Banyak sekarang ini online shop yang menjamur di facebook, semakin hari semakin bertambah, dan yang dijualpun semakin beraneka, namun ada kalanya kita harus berjaga-jaga dari online shop palsu yang hanya menginginkan uang kita, setelah kita transfer sejumlah uang, dia kabur dan tidak online lagi. Atau bahkan kasusnya ada yang melebar seperti ini, Pembeli penipu berlagak membeli sebuah barang kepada anda, dan dia mentransfer sejumlah uang sesuai kesepakatan, tapi setelah barang dikirim, tidak lama anda sebagai online shop akan menerima sebuah telp, sms atau inbox yang berisi mengenai kekecewaan seseorang yang tidak anda kenal dan membicarakan mengenai barang yang tidak anda jual.

Kesimpulannya, pembeli penipu itu sebenarnya dia juga berlaku sebagai online shop yang menjual produk lain, dan bila ada orang yang membeli produk abal-abalnya itu, dan mentransfer uang, dia tidak melayani konsumennya, namun, malah membeli produk lain, dan uang konsumen itu ia gunakan untuk konsumsinya sendiri. Hal ini merugikan kedua belah pihak, konsumennya dan anda sebagai onlineshop yang jujur. Konsumennya kehilangan uang, dan anda yang jujur mendapatkan dampak pencemaran nama baik dan diharuskan mengembalikan uang.

Orang-orang yang menipu seperti ini, sungguh tidak peduli dengan orang lain, bahkan tidak peduli bagaimana dosa yang ia tanggung kedepannya nanti, ia hanya peduli dengan barang atau materi yang bisa ia konsumsi saat ini. Tak perlu kita membahas lagi mengapa dan bagaimana pertama kali orang-orang itu punya misi seperti itu. Karena sudah banyak yang membahasnya.
Sekarang bagaimana kita menjaga diri kita dari onlineshop-onlineshop nakal atau malah palsu, dan sarang penipu.

Pertama, kita hati-hati dengan online shop di facebook yang berbentuk akun pribadi, lihat dulu informasi tentang online shop itu. Ada alamat lengkapnya tidak, kalau perlu search di google map alamat itu, kalau ada dan bukan alamat palsu, anda boleh setengah percaya, setelah itu lihat kontaknya, bisa ditelp tidak?, lalu lihat favorite thing, yang dia sukai, atau kalau perlu anda bisa tanyakan websitenya apa?. kalau punya anda boleh percaya setengah lagi, lalu lihat foto-fotonya.
Koleksi foto, disetiap foto ada keterangan produknya atau tidak?, harganya lengkap atau tidak, disediakan informasi pembelian atau tidak, itu semua harus dicek. Kalau semuanya sudah lengkap dan bisa dipercaya, anda bisa memesan satu saja produk ke orang itu. yang paling murah, atau yang tidak terlalu mahal.
Kalau pelayanannya bagus, produk dikirim walaupun lambat tapi tetap sampai, dengan selamat, dan produknya tidak jauh perbedaannya dengan foto. Maka online shop itu bisa dipercaya dan anda boleh membeli apapun disana. Namun jaga hubungan baik dengan online shop untuk mendapatkan layanan khusus seperti diskon, merchandise atau hadiah persahabatan lainnya. karena onlineshop di facebook sangat bersahabat.

Oh iya. hindari dan putuskan online shop yang terlalu sering main TAG, ada beberapa penilaian dari banyak orang tentang online shop yang terlalu banyak men-TAG orang asing, “Dia ingin menyebarkan produknya dengan instan” “Dia ingin mendapatkan banyak mangsa atau pembeli”
Dan untuk para onlineshop yang baik hati, jangan pernah main TAG orang-orang yang sangat asing atau baru add akun anda. Karena kalau kebanyakan di TAG, orang akan merasa kesal dan akan mengKLIK anda sebagai spammer, meskipun tertarik dengan produk anda dia tidak akan membeli, lalu apa yang akan anda dapatkan? facebook akan memblokir beberapa fasilitas online shop anda. padahal anda tidak pernah menipu ataupun melakukan hal kriminal lainnya. Jadi… jaga diri anda sekarang juga.

2. Pria hidung belang VS Gadis perayu …..
……….Selengkapnya di Bersihkan Akun Kriminal dari Facebook Kita – (Desain dan Produksi Mode dan Busana)

Adaptasi Hewan untuk Melindungi Diri

Adaptasi Hewan untuk Melindungi Diri

Untuk mempertahankan hidupnya, hewan perlu beradaptasi untuk melindungi diri dari bahaya yang mengancamnya. Misalnya, kalajengking seperti terlihat pada Gambar 3.5 me mi liki alat pe nye ngat. Hewan-hewan tersebut menge luarkan racun atau bisa untuk melindungi diri dari musuhnya. Kalajengking jika diganggu, ekornya akan melengkung ke atas dan ekor tersebut akan langsung menyengat musuhnya.
Selain kalajengking dan kelabang, berikut cara beberapa hewan lainnya melindungi diri dari musuhnya.


a. Cecak dan Kadal
Pernahkah kamu melihat cecak atau kadal yang memutuskan sebagian ujung ekornya? Hal itu dilakukan untuk mengelabui pe mangsanya.
Jika ada pemangsa yang menyerang dan menangkap ekor cecak atau kadal, keduanya akan segera memutuskan ekornya. Bagian ekor yang putus akan bergerak-gerak untuk beberapa menit. Hal ini akan mengalihkan perhatian pemangsanya. Pada saat itu, cecak atau kadal akan segera menjauhi pemangsanya. Ekor cecak dan kadal akan tumbuh seperti semula dalam beberapa bulan.

b. Ular

Banyak ular yang memiliki bisa. …… Selengkapnya>>

Latihan Soal Kelas 6 SD – Tentang Proses Perumusan Pancasila

Latihan Soal Kelas 6 SD – Tentang Proses Perumusan Pancasila

1. BPUPKI dibentuk pada tanggal ….
a. 1 Maret 1945
b. 2 Maret 1945
c. 3 Maret 1945
d. 4 Maret 1945

2. Ketua BPUPKI adalah ….
a. Ir. Sukarno
b. Drs. Moh. Hatta
c. Dr. Rajiman Wedyodiningrat
d. Mr. Moh. Yamin

3. Ir. Sukarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal ….
a. 4 Juni 1945
b. 3 Juni 1945
c. 2 Juni 1945
d. 1 Juni 1945

4. Ketua Panitia Sembilan adalah ….
a. Ahmad Subarjo
b. Ir. Sukarno
c. Drs. Moh. Hatta
d. Mr. Moh. Yamin

5. Setelah BPUPKI dibubarkan kemudian dibentuk ….
a. TNI
b. KNIP
c. PPKI
d. KNIP

6. K. H. Agus Salim lahir di kota ….
a. Yogyakarta
b. Bukit tinggi
c. Padang
d. Medan

Selengkapnya … Proses Perumusan Pancasila

Pengikut

OK Rek