Langsung ke konten utama

: Lima Langkah Tangani Rematik Arthritis


saat ini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan rematik arthritis (RA) sepenuhnya. Pengobatan umumnya ditujukan untuk mengurangi peradangan persendian dan rasa sakit, mencegah kerusakan persendian, dan memaksimalkan fungsi persendian. Pengobatan intensif sebaiknya dimulai sedini mungkin. 

Pengobatan meliputi kombinasi obat-obatan dan olahraga untuk menguatkan otot-otot pendukung di sekitar persendian. Selain itu, RA juga bisa ditangani dengan operasi. Pengobatan umumnya didisain khusus per individu sesuai dengan usia, area persendian yang terserang, dan tingkat keparahan penyakit. 

Obat-obatan RA
RA bisanya ditangani dengan obat-obatan termasuk, disease-modifying antirheumatic drugs (DMARDs) yang meliputi biologics, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), steroids, dan analgesics (obat-obat penghilang sakit). 

Operasi
Setelah mengalami kerusakan persendian yang signifikan atau saat rasa sakit atau gangguan gerak yang ditimbulkan sudah tidak bisa ditahan, beberapa orang memilih operasi untuk memperbaiki fungsi dan meredakan rasa sakit. Penggantian persedian merupakan bentuk operasi yang paling sering dilakukan pada pasien RA (persendian lutut dan pinggul paling sering diganti). 

Pengobatan lain
Beberapa pasien RA melaporkan merasa lebih baik setelah mencoba uap panas, teknik relaksasi dan akupunktur. Akan tetapi, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa herbal atau suplemen diet efektif mengobati RA. Pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai menggunakan pengobatan pelengkap atau alternatif. 

RA dan diet
Cobalah mengonsumsi diet dengan kandungan nutrisi seimbang. Meskipun belum ada diet khusus untuk radang sendi, penderita RA menyatakan merasa lebih baik dengan mengonsumsi atau menghindari makanan tertentu. 

Makanan tinggi lemak jenuh (bacon, steak dan mentega) terbukti meningkatkan peradangan dalam tubuh. Beberapa pasien menemukan bahwa diet kaya omega-3 (salmon, tahu, kenari) bisa membantu. Beberapa orang melaporkan bahwa makanan seperti tomat, buah sitrus, kentang, cabai, kopi dan produk susu, memperburuk gejala RA. 

Olahraga
Melatih persendian yang kaku dan sakit secara teratur bisa mengurangi rasa sakit akibat RA. Selain itu, olahraga bisa menjaga agar tulang dan otot tetap kuat. Pilihlah olahraga seperti peregangan, latihan kekuatan dan aerobik low-impact (berenang dan aerobik air). Hindari olahraga yang membebani persendian, seperti jogging dan angkat beban berat. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum memulai program olahraga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-sitilah dalam bidang Seni dan Budaya

Istilah-sitilah dalam bidang Seni dan Budaya Aesteties : bersifat indah, karya seni yang indah, nilai-nilai keindahan. Aliran : ciri ekspresi personal yang khas dari seniman dalam menyajikan karyanya – isi karya (makna). Alur : rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan seksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan cerita kearah klimaks dan penyelesaian. Antagonis : tokoh pertentangan, lawan tokoh protagonist. Anti Tips Casting : pemilihan pemain berlawanan dengan sifat asli pemain. Art Seni : kepandaian, sesuatu yang indah, kagunan, anggitan. Atmos : suasana perasaan yang bersifat imajinatif dalam naskah drama yang diciptakan pengarangnya. Atau suasana berkarakter yang tercipta dalam pergelaran drama. Babak : bagian besar dari suatu drama atau lakon (terdiri atas beberapa adegan). Balance : keseimbangan unsur rupa. Basics design : dasar-dasar desain, nirmana. Basics visual : dasar-dasar rupa, rupa dasar. Blocking : teknik pengaturan langkah-

Istilah-istilah dalam Bidang Software (Perangkat Lunak)

Abstraction Merupakan prinsip penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks dengan cara memodelkan kelas sesuai dengan masalahnya Algoritma Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis  Array Struktur data yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama Atribut Karakteristik atau ciri yang membedakan antara entitas satu dengan entitas yang lainnya Authentication Proses memeriksa keabsahan seseorang sebagai user (pengguna) pada suatu system (misalnya pada DBMS) Basic Input/Output System (BIOS) Kode-kode program yang pertama kali dijalankan ketika komputer dinyalakan (booting) Basis data (database) Kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan dalam perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya Command Line Interface (CLI) Antar muka pengguna dengan model perintah-perintah teks Compiler Penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa mesin

Istilah dalam bidang kuliner - Masakan

R Ready plate : siap diracik dipiring Robert sauce : merupakan turunan saus demiglace yang ditambah dengan bawang Bombay, anggur putih, mustard, merica dan cuka Rolled : Potongan tipis dan digulung pada proses membuat Rolled Beef Rosemary : Dipakai untuk membumbui pada waktu membuat Roast dari Beef, poultry Roux : Kombinasi flour (terigu) dan butter sebagai pengental soup atau sauce. Bila prosesnya dengan panas disebut Roux. Jika dingin istilahnya burre manie Rub : Mengoleskan sesuatu bahan ke atas permukaan hidangan agar memperoleh warna mengkilat S Salad : Hidangan yang berasal dari bahan makanan yang segar dengan sauce yang berasa asam Salad dressing : Saus yang mendampingi hidangan salad Salamander : Oven dengan menggunakan api atas untuk memberi warna coklat pada permukaan hidangan Sasaran pemasaran : gambaran keinginan perusahaan di masa depan. Sasaran pemasaran dapat dibuat jangka pendek atau jangka panjang. Sauce : Caian semi liquid yang digunakan sebagai pengaro